Abstraksi Skripsi

ABSTRAKSI



Justianus Panjaitan. 18111336

APLIKASI SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT MULUT DAN GIGI
SKRIPSI. Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma, 2015.
Kata kunci: Aplikasi, Mulut dan Gigi, Berbasis Web
(xv+111+lampiran)

Komputer pada era globalisasi saat ini menjadi kebutuhan utama dalam bentuk menunjang kerja manusia. Peran komputer kini pun menjadi lebih luas, tidak hanya menjadi alat bantu hitung, tetapi juga menjadi alat penyelesaian masalah yang dihadapi manusia. Salah satu cabang ilmu komputer yang banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk membantu kerjanya adalah pembentukan sistem pakar yang merupakan salah satu sub bidang ilmu kecerdasan buatan. Salah satu pemanfaatan sistem pakar adalah dalam bidang kedokteran atau kesehatan. Pengimplementasian sistem pakar pada dunia kedokteran atau kesehatan dapat berupa diagnosa penyakit, konsultasi penjagaan kesehatan sampai pemberian saran penentuan solusi dari hasil diagnosa yang ada. Kesehatan memang menjadi barang mahal bagi manusia, oleh karena itu butuh kepekaan pribadi untuk menjaganya, salah satu organ tubuh yang sering lalai untuk dijaga adalah kesehatan mulut dan gigi. Dengan dibentuknya “Aplikasi Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Diagnosa Penyakit Mulut Dan Gigi” guna memberikan sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang dapat diakses dengan mudah namun tetap memberikan informasi kesehatan yang terpercaya.
Penulisam skripsi ini memanfaatkan teknologi internet, teori html, php dan mysql untuk membuat aplikasi sistem pakar berbasis web untuk diagnosa penyakit mulut dan gigi. Aplikasi ini memiliki halaman home yaitu halaman utama yang memberika penjelasan mengenai judul yang diterapkan, halaman admin yang dapat menambah, menghapus dan merubah data, halaman diagnosa berisikan 50 gejala yang dialami oleh user sendiri, halaman search berisikan halaman pencarian jika user seorang dokter, halaman about  berisikan profil pembuat aplikasi sistem pakar, halaman logout merupakan tombol keluar jika seorang admin telah selesai merubah data dan terdapat satu halaman browser untuk forum guna jika seorang user tidak memiliki gejala yang dirasakan dari 50 gejala yang disediakan oleh admin.
Aplikasi ini dibuat menggunakan Notepad++, berbahasa pemrograman php dan dibantu oleh mysql untuk membuat database. Tampilan aplikasi ini juga sudah responsif mengikuti besar layar komputer user.

Daftar Pustaka(2010-2015)


0 komentar: Posting Komentar