Bahasa dan Komputasi (Teknologi Informasi)

Topik: Bahasa dan komputasi (Teknologi Informasi)
SubTopik: Perangkat Lunak Perkamusan(Kamus digital)

1.bahasa
             Bahasa adalah suatu bunyi yang diucapkan seseorang yang digunakan sebagai alat komunikasi dari dua orang atau lebih.bahasa itu sendiri adalah kunci pokok bagi kehidupan yang ada didunia ini.bahasa juga diartikan sebagai lambang bunyi ujaran yang dipakai manusia dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat komunikasi yang diucapkan secara sadar.
Didalam kehidupan bermasyarakat bahasa sangat berperan penting dalam komunikasi agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam penyampaian informasi dari beberapa orang atau lebih.contoh dinegara indonesia terdapat berbagai macam bahasa daerah,sebagai alternatif bahasa yang di gunakan adalah bahasa indonesia .agar penyampain informasi sesuai dengan faktanya bukan opini.

2.komputasi
            Komputasi adalah suatu sistem/cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data dengan menggunakan suatu algoritma.data yang dimaksud adalah sebuah data yang terdapat diluar lingkungan sistem.
Jadi bahasa dan komputasi adalah sebuah bunyi yang diucapkan manusia untuk berkomunikasi atau dalam penyampaian informasi sesuai dengan faktanya serta dapat memecahkan suatu masalah dalam pengambilan sebuah informasi.contohnya dalam tata bahasa indonesia sangat diperluhkan sebuah algoritma dalam penyusuna kata,kalimat dan ejaan.

3.Perangkat lunak
            Perangkat lunak adalah suatu data yang diformat atau disimpan secara digital.
Pada jaman eraglobalisasi ini banyak sekali perkembangan suatu ilmu pengetahuan baik dalam media maupun suatu pembuatan aplikasi.
Dalam pembuatan perangkat lunak perkamusan bahasa sangat diperluhkan dalam penyusunan kata serta ejaan.didalam pembuatan aplikasi peranan komputasi sangat berperan penting dalam pemecahan masalah menggunakan algoritma.


Bahasa dan komputasi mempunyai hubungan erat dalam pembuatan suatau perangkat lunak perkamusan(kamus digital).contoh sederhana suatu kata atau bahasa sangat memiliki banyak pengertian yang berbeda-beda,sehingga perangkat lunak perkamusan atau kamus digital) sangat dibutuhkan.sebagai contoh kecil kita ingin mencari sebuah kata yang berwalan ‘A’ maka dikamu digital tersebut akan muncul kata yang berhuruf ‘A’ berserta dengan artinya.
Perangkat lunak perkamusan(kamus digital)sangat peraktis bisa dibawa kemana saja.perangkat lunak perkamusan kini sudah banyak digunakan oleh masyarakat.apalagi sudah banyak software untuk membuat suatu aplikasi kamus agar bisa digunakan dimana saja.misalkan handphone smartphone tidak asing lagi handphone yang sangat canggih dikalangan masyarakat.aplikasi kamus digital sangat praktis digunakan di smartphone.misalkan sebuah aplikasi kamus bahasa ingris,bahasa jerman dan lain-lain.
Contoh sederhana apabila kita berkomunikasi dengan teman bule melalui via facebook pasti banyak sekali kata yang tidak kita mengerti dan terkadang kita menggunakan kamus yang terdapat dihandphone  untuk mengetahui kata dan arti yang diucapkan oleh teman kita.

Daftar pustaka:
d.wikipedia.org/wiki/Komputasi
http://www.pengertianahli.com/2013/07/pengertian-bahasa




           




0 komentar: Posting Komentar